Senin, 07 Februari 2011

Pesta Siaga Membentuk Karakter Anak Didik

Lebaksiu – Sebanyak 1140 Pramuka Siaga dengan antusias mengikuti kegiatan Pesta Siaga Kwartir Ranting 11.28.09 Lebaksiu yang digelar dilapangan Yamansari dan Halaman Kantor Kecamatan Lebaksiu, Minggu (6/2).


Ajang yang dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan bakat dan membentuk karakter anak didik ini mengacu pada Program Kerja Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah dan Kwarcab Pramuka 11.28 Tegal. Acara dibuka oleh Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Lebaksiu, Bambang Sumiyanto, S.Pd selaku anggota Mabiran.

Menurut Ketua Kwarran 11.28.09 Lebaksiu, Syaefudin, S.Pd didampingi Sekretarisnya Nother, disela – sela kegiatan mengatakan, Gerakan Pramuka merupakan pendidikan yang dikembangkan disekolah dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metodik Kepramukaan (PDK-MK). Diharapkan mampu menunjang perkembangan peserta didik untuk mengenal disiplin, ketrampilan, persaudaraan, bakti sosial, dan perkembangan watak. Oleh karenanya, Pesta Siaga ini sangat diperlukan bagi siswa SD / MI.

“Materi Pesta Siaga ini, mengacu pada materi yang akan dilombakan di tingkat Kwartir Cabang,” katanya.
Ditambahkan Syaefudin Pesta Siaga Kwarran Lebaksiu ini diikuti oleh 114 Barung. Keseluruhan barung itu terdiri dari Gudep SD sebanyak 57 barung Putra dan 57 Barung Putri. Selain itu, peserta juga didampingi oleh Pembina Pendamping.

“Dalam Pesta Siaga ini akan diberikan kegiatan – kegiatan melalui 11 warung, yang mana didalam warung tersebut, siswa akan didampingi pembinanya, mulai dari warung keagamaan, warung yel barung atau semangat barung, seragam Pramuka, pengetahuan umum, puzzle, ketangkasan, seni budaya, ketrampilan janur, estafet kelereng, cinta tanah air dan NKRI, peduli sesama hidup dan lingkungan hidup, PBB dan Bumbung Kemanusiaan. Didalam 11 warung itu, dilakukan bermain dan berlatih, guna menjadi pribadi yang mandiri,” jelasnya.

Sementara Wakil Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, Drs. H. Agus Subagyo, MM mengaku bangga dengan antusiasme dari peserta kegiatan. Peserta didik tampak begitu semangat mengikuti kegiatan yang ada.

“Kegiatan semacam ini sangat baik bagi pembentukan karakter anak didik,” terangnya didampingi Ses Kwarcab, Prawoto SY saat meninjau langsung kegiatan.

Tampil sebagai barung tergiat putra yaitu tergiat 1, 2, 3 secara urut SDN Lebaksiu Kidul 03, SDN Kambangan 01, SDN Pendawa 01, dan harapan 1, 2, 3 yaitu SDN Lebaksiu Kidul 04, SDN Lebakgowah 03, dan MIS Slarangkidul.


Sedangkan Untuk Barung Putri tergiat 1, 2, 3 berturut- turut yaitu SDN Lebakgowah 03, SDN Kambangan 01, SDN Lebaksiu Kidul 03 dan tergiat harapan 1, 2, 3 yaitu SDN Lebaksiu Kidul 01, SDN Pendawa 01 dan MI NU Tegalandong 01.(s@n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar