Sabtu, 02 April 2011

Geliat Kepanduan RSBI SMPN 1 Slawi


Tiga Tahun Dominasi Lomba GSAM Pramuka 

GSAM sebagai ajang adu ketrampilan Pramuka Penggalang dari tiga daerah, masih menempatkan RSBI SMPN 1 Slawi sebagai yang terbaik untuk ketiga kalinya. Bagaimana pola pembinaannya ? 
KEGIATAN kepanduan yang diselaraskan dalam ajang ekstra kulikuler di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) seperti di SMPN 1 Slawi, patut diancungi jempol. Setidaknya dari pola pembelajaran yang optimal terkait materi kepramukaan dan pengetahuan umum, membuat prestasi sekolah ini diajang Ganas Scout Achievement Meeting (GSAM) yang digelar SMAN 1 Slawi kian melambung. Kegiatan yang digelar Gugus Depan (Gudep) Penegak yang berpangkalan di SMAN 1 Slawi.

Pembina Gudep SMPN 1 Slawi, Suminto SAg, didampingi Shinta Kusuma Dewi SPd, menyatakan, diajang kali ini anak didiknya mampu berbicara pada kejuaraan kepanduan itu dan ditetapkan sebagai juara umum untuk ketuga kalinya. 

"Diajang mata lomba Ganas English Competition atau penyuluhan Bahasa Inggris di kelas putra, kami mampu merebut juara I dan III. Sementara di sektor putri kami mampu menyabet juara I dan II. Dimata lomba Ganas Scout Rally atau pencari jejak, kami mampu menyabet juara III putra dan juara II putri. Dan dimata lomba Ganas Smart Competition atau lomba cerdas cermat, kami mampu meraih juara I putra dan putri serta juara II putra. Sementara di ajang Ganas Logos Competiton, kami berhasil merebut juara III putri," terangnya kemarin. 

Tak ditampiknya, melalui tempaan fisik, pengetahuan, ketrampilan, serta kedisipinan pribadi dan tanggung jawab yang diberikan siswanya, membuat prestasi gemilang tersebut tak sulit untuk dipertahankan. Dengan disandangnya juara umum berturut-turut selama tiga kali tersebut, otomatis piala bergilir GSAM kini menjadi milik SMPN 1 Slawi. 

"Kegiatan kepanduan ini masuk dalam agenda ekstra kulikuler sekolah. Dimana kepanduan menjadi hal yang wajib bagi siswa yang duduk di kelas VII, meski tak sedikit siswa kelas VIII yang terus mengasah ilmu kepanduan dalam wadah tersebut," tegasnya. 

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.28 Tegal, H Muji Atmanto SH MM tersebut, dinilai keduanya besar manfaatnya bagi siswa didiknya untuk mewujudkan kemampuan fisik, pengetahuan, ketrampilan, kedisiplinan pribadi, tanggung jawab, dan sikap mental yang semakin mantap. 

Tentunya dia berharap, dengan prestasi yang telah ditorehnya kedepan bisa memantik anak didik yang lain agar lebih berminat mendalami kegiatan kepanduan. (*) HERMAS PURWADI

Sumber : RADAR SLAWI, 16 Maret 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar