Sabtu, 25 Desember 2010

Pengukuhan Anggota Saka Wirakartika


Anggota Saka Wirakartika Dikukuhkan
SLAWI - Langkah nyata jajaran Kodim 0712/Tegal dalam membina generasi muda lewat kegiatan kepramukaan kembali diwujudkan. Kali ini, sebanyak 74 siswa dari tingkat SLTA dilingkup kota dan kabupaten, berhasil dikukuhkan menjadi anggota Pramuka Saka Wirakartika. Sebelumnya para anggota Pramuka itu telah melewati tahapan pendidikan dasar hingga latihan dasar, dan bakti sosial.

Dandim 0712/Tegal Letkol (Kav) Elman Nawendra melalui Kasdim Mayor (Inf) Raji menyatakan, dengan dikukuhkannya anggota baru Pramuka Saka Wirakartika ini, setidaknya bisa membantu pola regenerasi kepramukaan dalam binaan kesatuannya.
"Dalam pengukuhan kali ini, anggota baru diharuskan melalui tiga tahapan. Usai melalui tahapan pendidikan dasar dan latihan dasar, mereka baru dilibatkan dalam prosesi pelantikan. Sebelum menginjak masa pelantikan, mereka diharuskan berjalan di tengah kegelapan malam dan diikutkan dalam bakti sosial di Desa Dukuh Malang Kecamatan Talang, bersama TNI," ujarnya Kamis (23/12) kemarin.

Dia juga mengistruksikan kepada anggota baru untuk tetap bisa membantu menjaga keamanan dan ketertiban, selama mengikuti kegiatan malam sebelum prosesi pelantikan digelar.
Prosesi kegiatan malam diberlakukan kepada calon anggota Pramuka Saka Wirakartika, sebagai modal awal untuk pengambilan atribut.

"Selama mengikuti Diksar, anggota berburu lambang segitiga dan dilanjutkan di kegiatan Latsar untuk mendapatkan lambang segi lima. Nah, ditahapan pelantikan ini, anggota berusaha mengambil lambang segi lima utuh yang menjadi lambang Eka Paksi," ujarnya.

Sumber : Radar Tegal, 23 Desember 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar