Jumat, 24 Desember 2010

Pesta Siaga Pangkah


Kwaran Pangkah Gelar Pesta Siaga

SLAWI – Kwartir Ranting (Kwarran) XI.28.11 Kecamatan Pangkah, Senin (20/12) menggelar Pesta Siaga. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkembangkan bakat siswa dan juga menyeleksi calon peserta tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Tegal. Acara dibuka secara resmi pelaksanaannya oleh Kepala UPTD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kecamatan Pangkah, Teguh Herdi S, yang selaku Anggota Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Pangkah.

Ajang yang digelar selama sehari dilapangan Grobog Wetan Kecamatan Pangkah itu mendasari pada surat edaran Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah tentang Penyelenggaraan Pesta Siaga serta Keputusan Gerakan Pramuka Kwarcab Tegal no 03 tahun 2010 tentang  rencana program Kwarcab tahun 2010.

Menurut Ketua Kwarran, Ramdlon, S.Ag disela – sela Pesta Siaga mengatakan, Gerakan Pramuka merupakan pendidikan yang dikembangkan disekolah dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metodik Kepramukaan. Diharapkan mampu menunjang perkembangan peserta didik untuk mengenal disiplin, ketrampilan, persaudaraan, bakti sosial, dan perkembangan watak. Oleh karenanya, Pesta Siaga ini sangat diperlukan bagi siswa SD / MI.

“Pesta Siaga ini dilakukan setiap dua tahun sekali. Bertujuan untuk menumbuhkembangkan bakat siswa dan juga menyeleksi calon peserta lomba Pesta Siaga yang mewakili Kwarran Pangkah ke tingkat Kwarcab,” katanya.

Ketua Pelaksana, Sarjono, S.Pd menjelaskan, Pesta Siaga Kwarran Pangkah ini diikuti oleh 67 Barung. Keseluruhan barung itu terdiri dari Gudep SD sebanyak 55 barung dan Gudep MI 12 Barung. Selain itu, diikuti pula Pembina Pendamping sebanyak 134 orang dan panitia 56 orang.

“Dalam Pesta Siaga ini akan diberikan kegiatan – kegiatan melalui 11 warung, yang mana didalam warung tersebut, siswa akan didampingi pembinanya, mulai dari warung keagamaan, warung yel barung atau semangat barung, keseragama Pramuka, pengetahuan umu, puzzle, ketangkasan, kelereng alir, cinta tanah air dan NKRI, peduli sesame hidup dan lingkungan, PBB dan Bumbung Kemanusiaan. Didalam 11 warung itu, dilakukan bermain dan berlatih, guna menjadi pribadi yang mandiri,” jelasnya.

Saat pembukaan, Kepala UPTD Dikpora Pangkah Teguh Herdi S mengatakan, sangat bangga terhadap Siaga, karena dalam Pesta Siaga ini sudah dihadapkan dengan kondisi yang sudah tidak mendukung, akan tetapi semangatnya masih tetap ada. Ia menegaskan, bahwa Pesta Siaga ini dalam rangka menginventarisir akan diadakannya ditingkat Kwarcab nanti, juga mengisi waktu libur dengan hal – hal yang positif. (mg2).

Sumber : Radar Tegal, 21 Desember 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar