Jumat, 06 Mei 2011

PELAYANAN PEMERINTAHAN DAERAH


MODUL 8

 By Hasan - UT Pokjar Satpol PP
KB 1 Pelayanan Publik

A.          PENGERTIAN
o    Istilah publk brsl dr bhs inggris public yg brarti umum, msyrkt atau negara. Umum, misal public offering (penawaran umum), public ownership (milik umum), public utility (perum). Masyarakat, misal public relation (hub.masyrkt), public service (yanmas), public opinion ( pndpt msyrkt). Negara, misal : public outhorities (otoritas negara), public building (gedung negara), public revenue (penerimaan negara), public sector (sector negara).
o    Pelayanan Publik : Pelayanan yg di berikan oleh negara dan perusahaan milik negara kpd msyrkt utk memenuhi kebutuhan dsrnya dlm rangka menciptakan kesejahteraan masyrkt.
o    Lembaga yg menangani sektor public ada 3 (Wilson): Pempus, Pemda BUMN/BUMD.
o    Ciri2 brg dan jasa kedlm sektor privat : a. disediakan oleh lembaga privat/swasta, b.perusahaan yg memproduksi brtujuan mencari untung, c. hanya org yg bs membyr yg dpt memperolehnya. Contoh : pakaian, sepatu, rmh, arloji, spd mtr, TV, mobil pribadi.
o    Ciri2 brg dan jasa yg trmsk kedlm sector public : a. disediakan oleh negara, b. negara hrs menyediakan brg tsb tanpa dikaitkan dg kondisi/latar blkng public, seperti aspirasi politik, agama, suku, sosial budaya, etnisitas, c. smua org hrs dpt memanfaatkan brg tsb tanpa kecuali dan tanpa membayar scr lgsg. Contoh : jln raya, trotoar, lmpu pnrngn jln, jasa pnddkn, penyuluhan prtanian, pnylhn dan pnjgaan kshtan, js pmdm kbkran, js prthnn negara, dan js keamanan.
o    Ciri2 brg dan jasa yg trmsk antara sector public dan privat : a. disediakan oleh BUMN/BUMD dg penugasan oleh negara, b. brg trsbt mrpkn kebutuhan /kebutuhan hajat hdp org byk, c. org yg memanfaatkan hrs hrs membeli, d. dijual dg harga wajar,rasional, dan terjangkau, e. disediakan scr trs-mnrs dlm kondisi apapun. Contoh : air minum, listrik, angkutan umum, tlp, bhn bkr, js siaran radio, dan js pengiriman pos.
o    Lembaga yg menyediakan brg2 privat dan public oleh lmbg semi privat dan semi public adlh BUMN.
o    BUMN : Lembaga ekonomi milik negara yg bkrj atas prinsip2 perusahaan swasta hanya sahamnya sebagian bsr di kuasai negara.
o    Misi utama BUMN : Memenuhi kebutuhan public secara trs-mnrs dlm kondisi apapun, br setlh itu mencari untung. Contoh, PT. KAI, PT. Telkom, PT. Pos Indonesia,dan PT. Pelni.
o    Contoh BUMD : PDAM, BPD.

B.          LAYANAN PUBLIK
o    Pelayanan Publik : Pelayanan yg dibrkn oleh pemerintah daerah kpd sejumlah org yg mempunyai kebersamaan brfikir, perasaan, harapan, sikap, dan tindakan yg benar dan baik brdsrkn nilai2 norma yg mereka miliki.
o    Barang2 publik : barang2 yg dpt digunakan scr brsm oleh semua org tanpa seorgpun di kecualikan dlm menggunakanya(non exludable).Ciri lain dr public adlh tdk adanya persaingan(non rivalry)dlm penyedianya. Contoh : jalan raya,trotoar,alun2 dll.
o    Layanan Publik : Pelayanan yg dterima oleh semua org tanpa seorangpun dkecualikan dlm pelayananya,seperti pemberian KTP, IMB, SIM, Sertifikat tnh, laporan kehilangan, srt ktrngn, izin, surat2 ktrngn.

C.          JASA PUBLIK
o    Jasa Publik : brg dan layanan public juga hanya utk jasa public org yg memanfaatkan jg dikenai imbal jasa dg tarif  yg di tetapkan brdsrkn peraturan perundang2an.
o    Misal, pembuatan KTP, SIM, sertifikat tnh, pencatatan perkawinan, pembuatan paspor, penyediaan air bersih, aliran listrik, sambungan tlp, angkutan umum, bhn bkr, jln tol, beras. Semua brg dan layanan public yg dsebutkan trsbt dsebut jasa public krn brg dan jasa ini di sediakan oleh negara.

KB 2 Fungsi Pemerintahan Daerah

A.          MEMBERIKAN PELAYANAN PERORANGAN DAN KELOMPOK
o    Pemerintah  baik Pusat maupun Daerah mempunyai 3 fungsi utama, yaitu 1). Memberikan pelayanan/services baik pelayanan perorangan maupun pelayanan public/khalayak, 2).Melakukan pembangunan fasilitas ekonomi utk meningkatkan pertumbuhan ekonomi (development for economic growh), dan 3).Memberikan perlindungan/protective masyarakat.
o    Fungsi pertama, yaitu public services functions berarti pemerintah wajib memberikan pelayanan baik scr perorangan maupun khalayak/public.
o    Jika fungsi pelayanan masyrkt trsbt di kelompokan dlm bidang maka fungsi2 tsb mencakup kegiatan2 di bidang seperti : 1.Pendidikan; 2. Kesehatan; 3. Keagamaan; 4. Lingkungan;     a . Penataan lingkungan kumuh (MCK, hydrant umum, jln2 setapak, gang2 sempit), b. tata kota/tata bangunan, c. taman, d. kebersihan, e. kesehatan lingkungan (polusi, penyakit menular, penyakit yg ditularkan binatang, sprt malaria, pes), f. saluran limbah, g.persampahan, h. penerangan jalan, i. pemeliharaan sungai, j. kanal pengendali banjir.                5.  Rekreasi : a. sport centre/gelanggang remaja, b. taman2 rekreasi, c. teater, d. museum, e . gallery, f. camp sites, g. cagar budaya, h. pengemb.potensi wisata kota, i. tourisme 6.Sosial/pengurusan org2 yg menyandang mslh sosial : a. org terlantar, b. anak yatim /piatu, c. org jompo, d. org cacat (daksa, rungu, mental), e. anak jlnn/korban narkoba; 7. Perumahan; 8. Pemakaman/Kematorium; 9. Registrasi penduduk (kelahiran, kematian, dan perkawinan); 10. Air minum; 11. Legalitas hukum (KTP, paspor, sertifikat tnh, IMB, srt2 kepemilikan, srt ktrngn, srt izin, srt klkuan baik).
o    Untuk mengetahui sejauh mn kualitas pelayanan yg di brkn oleh pemda bs diukur dg indikator2 : mudah, murah, cepat, tidak berbelit, petugasnya murah  senyum, petugasnya membantu jk ada kesulitan, adil, merata, dan memuaskan.

B.          MEMBANGUN FASILITAS UNTUK PERTUMBUHAN EKONOMI
o    Fungsi kedua pemerintahan adlh membangun fasilitas public utk sarana menumbuhkan perekonomian daerah(development for economic growh functions).
o    Pembangunan fasilitas ekonomi : membangun semua sector yg berhubungan lgsg /tdk lgsg dg kemudahan kegiatan ekonomi, seperti pasar, tmn parker, jln raya, jembatan, bendungan, kredit usaha dll.
o    Jika fungsi pembangunan trsbt di klmpkn dlm bidng maka fungsi pembangunan trsbt mencakup kegiatan2 di bid:
1. Menyiapkan prasarana yg mendukung kegiatan perekonomian : a. pasar, b. gudang,   c.jalan, d. komunikasi, e. trotoar, f. road safety, g. marka jalan, h. terminal, i. pelabuhan / dermaga, j. parker, k. system transportasi(perencanaan, pengaturan, dan penyelenggaraan transportasi umum), l. waduk/pintu2 air/saluran irigasi.
2. Mengatur urusan2 perizinan, menentukan peruntukan lahan (RUTRK), membantu perkreditan, pengadaan dan penyiapan lahan utk kepentingan prasarana umum, perlindungan konsumen, dan peningkatan mutu produksi.
3.  Mengatur pedagang kaki lima, pengaturan dan peningkatan sector informal dan industri kecil, pemberian dan pengembangan ketrampilan(training centers and rehabilitation centers), dan membentuk job centers sbg bursa tenaga krj.
4.  Menggalakan gerakan swadaya masyarakat dlm pembangunan melalui LSM, koperasi dan sukarelawan.
o    Untuk mengetahui bagaimana kualitas pemda dlm mlksnkn fungsi economic growh trsbt bs diukur dg indikator2: fasilitas yg di bangun mudah di jangkau,harganya murah/terjangkau, tmptnya strategis, akses ke pasar mudah, fasilitasnya lgkp, transportasi lancer, bersih, aman, lembaga pendukungnya, spt izin, bea cukai, perbankan, gudang baik, memiliki prospek ekonomi yg cerah, berdampak positif pd peningkatan kesejahteraan rakyat.  

C.          MEMBERIKAN PELAYANAN PERLIDUNGAN MASYARAKAT
o    Fungsi ketiga dr pemerintahan adlh Membrikan perlindumgan pd msyrkt (protective function)
o    Fungsi Linmas : Upaya pemda utk memberikn perlindungan pd msyrkt sehingga tercipta ketertiban, rasa tentram dan rasa aman pd msyrkt. Fungsi ini mrpkn funngsi yg plg dsr dr pemerinthn krn outputs dan outcomenya mrpkn prasyrt bg bkrjnya dan berjlnnya kegiatan pmrnthn, kmsyrktan, dan pembangunan. Masyrkt daerah mmrlkn rasa aman dan tentram serta suasana yg tertib .
o    Jika fungsi perlindungan drinci dlm bidand2 maka mencakup kegiatan2 :
1.  menciptakan keamanan ,ketertiban, dan ketentraman yg dlksnkn oleh aparat kepolisian, polisi pamong praja dan tentara .
2.   memberikan perlindungan hukum kpd msyrkt dr tindak kejahatan .
3.   memberikan perlindungan pd msyrkt dr bencana alam, sprt banjir, tnh lgsor, badai .
4.   memberikan perlindungan pd msyrkt dr bahaya kebakaran .
o    Utk mengetahui kualitas pemda dlm mlksnkan fungsi protective trsbt dpt diukur dg indikator2 : msyrkt taat peraturan, taat pranata sosial, taat hukum, patuh pd pmrnth, angka kriminalitas rendah, angka pelanggaran rendah, peringkat sopan santun tinggi, keributan tdk ada/kcl, perklahian tdk ada, pertentangan antar kmpg/ds/ daerah tdk ada,pertentangan SARA tdk ada, angka harmoni sosial tinggi, dinamika politik trlembaga, bncn alam dan kebakaran cpt dtanggulangi .   


KB 3 Kesejahteraan Masyarakat Sebagai Tujuan Pelayanan Pemerintahan Daerah

A.          PELAYANAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
o    Tujuan utma penyelenggaraan pemernthn daerah : menciptakan kesejahteraan msyrkt dearah yg bersangkutan .
o    Dlm sector privat pelayanan adlh awal dr pembelian . maka perusahaan yg memproduksi brg dan jasa bs trs beroperasi dan berkembang . sdgkn dlm sector public pelayanan adlh awal dr pemberdayaan msyrkt .Tanpa adanya keberdayaan msyrkt , pemda makin tdk legitimate dmata msyrkt . Kesejahteraan msyrkt akan trwujud manakala pemda memberikan pelayanan public yg baik .
o    Pelayanan yg baik kpd msyrkt dknl dg Pelayanan Prima ( excellent service ). Yg artinya Memberikan pelayanan terbaik kpd pelanggan dan stakeholder .
o    Pelayanan brsl dr kt layan yg kt krjnya melayani yg brarti membantu, membuat senang, dan memudahkan kpd pihak lain . dilht dr sisi pelanggan dan stakeholder pelayanan prima melhrkan sikap senang dan puas krn mereka memperoleh pelayanan yg efektif,efisien,berkualitas,cepat,dan murah .Dlht dr sisi pemda prlayanan prima akan mghslkn pemerintahan yg akuntabel dan produktif .
o    Pemerintahan yg Akuntabel artinya Pemda menyelenggarakan pmrnthnya scra brtnggng jwb kpd rkyt krn out-put dan outcomenya memberikan kepuasan kpd rkytnya .
o    Pemda mnjd produktif krn dg pelayanan prima kpd rkyt dan stakeholder maka pemda akan : 1) mendapat dukungan penuh dr rkyt shgga makin mantap dan stabil, 2) efektif dan efisien dlm menggunakan smua sumber daya yg dmililki shgg memberi manfaat yg lbh besar,3) menciptakan efek multiplier bg usaha produktif krn pengusaha, investor, dan smua pelaku ekonomi merasa senang dan puas shngga terpicu utk trs menerus meningkatkan investasi dan produksinya yg pd akhirnya meningkatkan PDRB .
o    Pemda yg memberikan pelayanan prima : pemda  yg dlm menyelengggarakan ketiga fungsi pemerintahanya,pelayanan (services), pengembangan pertumbuhan ekonomi (economic growth),dan memberikan perlindungan msyrkt (protective)trsbt dnilai rkyt dan stakeholder membantu, menyenangkan, memudahkan dan memuaskan .
o    Pelayanan prima  brhubungan dg good governance .
o    Governance : tata pemerintahan /kegiatan pemrnthn,bkn institusi pemerintahanya .
o    Good governance : Tata pemerintahan yg baik, tata pmrnthn yg mentaati hukum, menghormati HAM,menghargai nilai2 dsr yg dianut oleh msyrkt, secara sdr dan sistematis membangun fasilitas utk menumbuhkan ekonomi msyrkt, bersikap egaliter, dan menghormati keragaman trmsk etnis, agama, suku, dan budaya local .Hubungan antara good governance dan pelayanan prima adlh hubungan proses dan output. Artinya apabila proses kegiatan pemerintahan didsrkn atas prinsip2 good governance maka keluaranya adlh pelayanan prima . outcomenya adlh kepuasan rakyat dan stakeholder, sdngkn dampaknya adlh kesejahteraan rakyat .
o    Menurut UNDP karakteristik good governance  :
1. Participation, Setiap warga negara di beri kesempatan utk ikut serta dlm proses pengambilan keputusan politik/kebijakan publik.
2 . Rule of law, tegaknya hukum dan terjaminnya hak2 asasi manusia .
3. Transparancy, semua kebijakan publik hrs transparan mulai dr proses pengambilan keputusanya, pelaksanaanya, maupun evaluasinya. Arus informasi tdk boleh terhalang.
4.  Responsiveness. Semua lembaga pemerintahan hrs memberikan  pelayanan yg baik kpd rkyt dan stakeholder.
5.  Consensus orientation, kebijakan yg diambil didsrkan pd pilihan2 yg terbaik brdsrkan kesepakatan smua unsure msyrkt .
6. Equity, Adanya kesempatan yg sama bg smua warga negara baik laki2 maupun perempuan utk meningkatkan kesejahteraanya .
7.  Effectiveness dan efficiency, Proses2 dan kegiatan2 lembaga hrs menghasilkan output yg sesuai dg tujuan dan sasaran yg digariskan dan dg mnggnkan sumber daya sebaik mgkin .
8. Accountability,Para pembuat keputusan dlm pmrnthn, lmbg swasta, dan msytkt bertnggngjwb kpd public dan lmbg2 stakeholder .
9.  Stategic vision, para pmimpin dan public memiliki visi stategi jauh kdpn membangun ms dpn yg lbh baik brdsrkn nilai2 kemanusiaan yg universal dan menyejahterakan.
o    Good Governance dan pelayanan prima dpt dwjdkan jk pemda menerapkan prinsip2 reinventing government
o    Osborne dan Gaebler : Pemda hendaknya dselenggarakan dg jiwa wirausaha yaitu brsft partisipatif, kompetitif, berorientasi pelanggan, antisipatif, dan terdesentralisasi. utk itu, pemerintahan perlu dselenggarakan dg 10 prinsip :
1. Pemerintahan Katalis : pemerintahan lbh byk mengarahkan drpd melaksanakan tugas2/mengayuh .
2.   Memberikan wewenang kpd msyrkt ketimbang melayani .
3.  Pemerintahan yg kompetitif : selalu mengarahkan agar pelayanan dberikan lbh baik, berlomba memberikan pelayanan terbaik .
4.   Pmrnthn digerakan oleh misi, yg sblmnya dgerakan oleh peraturan .
5.  Pmrnthn yg berorientasi kinerja, hasil karya . dg dmkian mendorong org utk mencari hal2 yg baru ( kreatif dan inovatif ) .
6.  Pmrnthn yg berorientasi kpd pelanggan : mencari kebutuhan pelanggan bkn kbthn birokratnya .
7.  Pmrnthn yg berorientasi wirausaha : yg menghasilkan , bkn sekadar membelanjakan /menghabiskan anggaran .
8. Pmrnthn yg bersikap antisipatif : melakukan pencegahan lbh diutamakan drpd mengobati/ menyelesaikan mslh .  
9.  Pmrnthn yg terdesentralisasi : dr Hierarki menuju partisipatif dan tim kerja . dg dmkn,akan lbh fleksibel, efesien, inovatif, dan produktif .
10.  Pmrnthn yg berorientasi pasar. Pmrnthn biasanya identik dg program. Ada kelemahan2  dg program ini. Program dgrkn oleh parlemen dan politik, bkn oleh pelanggan dan kebijakan . program biasanya mggnkn perintah, bkn insentif . pdhl bg para pekerja yg cukup brpngthuan insentif lbh efektif dari perintah .
o    Osborne dan Plastrik : utk mewirausahakan birokrasi perlu mengubah genetic ( DNA) yg dmiliki pmrnth dg strategi br yg mampu mengubah stuktur birokrasi menjelma mnjd birokrasi br yg produktif . Genetik (DNA) yg dmlki pmrnth adlh tujuan , insentif , akuntabilitas, kekuatan internal dan budaya .
o    Genetik tujuan strateginya di ubah dg core strategy (strategi dasar) , Strategi insentif di ubah dg consequences strategy ( strategi konsekuensi ) , Genetik Pertanggungjwbn di ubah customer strategy (strategi pelanggan) , Genetik kekuatan internal di ubah dg control strategy (strategi pengendalian) dan Genetik Budaya di ubah dg culture strategy (strategi budaya). Ke-5 strategi tsb “The five C”s (core, consequences, customer, control, culture)  
o    Pendekatan strategi dasar : kejelasan tujuan, peran dan pengarahan .
o    Pendekatan strategi konsekuensi : persaingan yg terkelola, manajemen perusahaan, dan kinerja manajemen.
o    Pendekatan stategi pelanggan : pilihan pelanggan, plhn persaingan,jaminan kualitas pelanggan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar